Rabu, 17 Juni 2015

Resume Film The Pirate Bay: Away from Keyboard



 
The Pirate Bay adalah sebuah situs pencari file melalui sistem peer-to-peer melalui aplikasi seperti Torrent. File yang tersedia pun tidaklah disimpan pada server The Pirate Bay, tetapi pada komputer pengguna aplikasi peer-to-peer seperti Torrent yang ada di seluruh dunia. Sehingga file yang diunduh merupakan file yang berasal dari user lainnya.

Garis besar dari Film ini menceritakan tentang kasus para co-founder dari The Pirate Bay saat menjalani persidangan dengan pihak Hollywood mengenai pelanggaran hak cipta intelektual, film ini diambil dari kisah nyata.

Bermula dari hari sebelum persidangan dimulai Fredrik Neij terlihat mengemasi perangkat komputer ke dalam mobil Volvo tuanya untuk dibawa ke ruang server rahasia, tempat server TPB berada. Sepanjang jalan dia mulai cerita soal apa yang bakal mereka hadapi di persidangan, dimana dia dan teman co-foundernya yang lain, Peter Sunde Kolmisoppi dan Gottfrid Svartholm Warg berhadapan dengan tuntutan ganti rugi sebesar 13 juta USD dari Hollywood atas kasus pelanggaran hak cipta. 

Pada film ini memfokuskan pada ke tiga co-founder dari The Pirate Bay, mulai dari kegiatan di pengadilan dan terus sampai  menyelidiki bagaimana situs The Pirate Bay dapat berdiri. Kita juga bisa melihat server dari situs tersebut yang hanya sebuah ruangan bukan kantor dengan gedung besarnya. Ini memperlihatkan bahwa situs ini terbentuk hanya oleh segelintir orang yang memiliki ideologi untuk berbagi. Dapat dilihat juga pada film ini banyak orang yang mendukung Fredik Neij dkk untuk terus menssuport nya.

Pada film ini juga mengambil sudut pandang dari orang-orang yang terkait dengan situs The Pirate Bay. Pada akhirnya  hanya fredick Neij yang berada di swedia sedangkan teman-teman yang lainya berada di luar negri yaitu di laos dan kamboja karena punya urusan masing-masing.

Sebenarnya inti dari permasalahan pada film ini adalah pihak Hollywood yang merasa dirugikan oleh situs The Pirate Bay yang menyebarkan film dari Hollywood secara gratis. Situs The Pirate Bay dibuat oleh para Co-Founder nya karena mereka percaya bahwa tiap orang berhak punya kebebasan hak untuk berbicara, berekspresi, menyampaikan dan mendapat informasi, menyelenggarakan demonstrasi, membentuk partai politik maupun kelompok agama di swedia.

Kalo dilihat sebenarnya pihak The Pirate Bay bisa dibilang tidak melanggar hukum hak cipta karena pada mulanya TPB hanya berperan sebagai wadah bagi para penggunanya supaya bebas menyampaikan informasi dalam bentuk apapun. Tapi disisi lain Hollywood juga bertindak benar karena pada dasarnya orang yang melanggar hukum dan merugikan orang lain harus diberi sanksi agar adanya efek jera. Walaupun denda yang di berikan untuk The Pirate Bay tidak cukup besar bagi Hollywood tapi kejadian ini ingin memberi tahu pada masyarakat dunia agar tidak melanggar hukum dan menjadi “The Pirate Bay- The Pirate Bay ” selanjutnya. 

Jadi menurut saya harusnya situs The Pirate Bay menuliskan dalam website nya untuk memberitahu kepada pengguna jika mereka berbagi informasi yang illegal maka itu tanggung jawab pengguna bukan pemilik situs.Harusnya pihak Hollywood mampu berkerjasama dengan situs The Pirate Bay karena bisa jadi sarana promosi untuk orang-orang yang tidak dapat terjangkau oleh Hollywood.

Sekarang memang sudah zamannya kebebasan berpendapat dan berbagi informasi , sayangnya seringkali kebebasan ini disalahgunakan oleh pengguna dengan mengunggah informasi atau konten yang mengandung hak cipta yang tata cara peredarannya dilindungi oleh hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar